Kamis, 06 Mei 2010

Hot News Lomba Desain Karya Seni Menggunakan Open Source Software


A. Tentang Lomba
Brosur Lomba

Brosur Lomba

Gerakan masyarakat bisa bergema dan diikuti secara massal oleh masyarakat karena dukungan kampanye yang baik. Salah satu media yang digunakan adalah melalui poster sebagai media kampanye. Dengan gambar dan teks yang fokus dan mengena, masyarakat mudah memahami pesan-pesan kampanye yang tertuang dalam poster.

Perangkat lunak bisa digunakan sebagai alat untuk membuat desain poster. Seperti poster kampanye Indonesia Go Open Source yang menggunakan perangkat lunak bebas dan kode terbuka sebagai alat membuat poster.

Belum banyak masyarakat yang mengenal perangkat lunak bebas dan kode sumber terbuka khususnya perangkat lunak yang digunakan untuk desain dan multimedia. Padahal dengan menggunakan perangkat lunak bebas dan kode sumber terbuka, maka akan memberikan dampak penghargaan kekayaan intelektual (tidak melakukan pembajakan), tumbuhnya industri kreatifitas (terbukanya akses menggunakan perangkat lunak secara bebas).

Lomba disain karya seni (poster) menggunakan perangkat lunak kode sumber terbuka merupakan salah satu cara untuk melakukan kampanye dan sosialisai penggunaan perangkat lunak kode sumber terbuka, selain itu juga merupakan salah satu cara untuk menunjukan kemampuan perangkat lunak kode sumber terbuka untuk bersaing dengan perangkat lunak proprietary.

Sebagai wujud kepedulian terhadap penggunaan perangkat lunak kode sumber terbuka, terutama perangkat lunak untuk desain, AirPutih mengadakan Lomba Desain Karya Seni (Poster) Menggunakan Perangkat Lunak Kode Sumber Terbuka. Lomba ini ditujukan untuk kalangan perlajar, SD, SMP, dan SMA. Untuk mengikuti lomba ini tidak dikenakan biaya.
B. Peserta

Peserta adalah pelajar dan akan dibagi menjadi tiga kategori :

* Kategori SD, target peserta 100 peserta
* Kategori SMP, target peserta 100 peserta
* Kategori SMA, target peserta 100 peserta

C. Bentuk desain

Desain berupa poster dengan tema free and open source software
D. Waktu dan Pelaksanaan

Lomba ini akan dibagi dalam beberapa tahap, diantaranya adalah sebagai berikut :

* Tahap pengumpulan (01 Mei 2010 s/d 01 Juni 2010).

Tahap pengumpulan hasil karya oleh peserta adalah tanggal 01 Mei 2010 sampai tanggal 01 Juni 2010

* Tahap penilaian oleh dewan juri (02 Juni s/d 04 Juni 2010)

Tahap ini merupakan seleksi oleh juri, dimana akan dinilai beberapa aspek, diantaranya adalah penggunaan perangkat lunak kode sumber terbuka, dan penilaian desain secara umum, dari tahap ini akan dipilih 10 besar peserta untuk setiap kategori.

* Tahap Penilaian oleh Masyarakat / Polling (05 Juni s/d 10 Juni)

Tahap penilaian oleh masyarakat, dimana masyarakat akan memilih dengan cara polling melalui internet yang akan menghasilkan juara I, II, dan III.
E. Syarat dan Ketentuan

Adapun syarat dan ketentuan lomba adalah sebagai berikut :

1. Hak cipta hasil karya tetap pada pembuat.
2. Hasil karya harus dilisensikan di bawah CC-BY atau CC-BY-SA. CC-BY atau CC-BY-SA adalah salah satu lisensi yang diorganisasi oleh Creative Commons. Anda bisa mempelajari lebih jauh mengenai model-model lisensi Creative Commons di http://creativecommons.org/about/licenses
3. Berkas yang dikirim dalam format .svg atau .xcf
4. Hasil karya bisa diunggah melalui web pada tautan berikut , atau dikirim menggunakan media CD ke alamat kantor AirPutih.
5. Jika di unggah melalui web, hasil karya dapat di compress ke dalam satu berkas (zip, tar, gz, dan lain-lain) untuk memudahkan pengunggahan.
6. Jika sebagian bahan yang digunakan menggunakan hasil dari orang lain maka wajib memberikan keterangan sumbernya.
7. Peserta wajib mengirimkan kode sumber hasil karyanya.

F. Informasi

Untuk informasi lebih lanjut :

Sekretariat AirPutih Jakarta
JL. KH. Abdullah Syafi’ie No. 55
Casablanca – Tebet
Jakarta Selatan, 12860
Telp. 021 8310455
Fax. 021 8295675

Website : http://airputih.or.id http://oss.airputih.or.id
email : info [at] airputih.or.id
G. Tautan Tutorial

Bila anda masih belum paham tentang desain grafis menggunakan perangkat lunak kode sumber terbuka, tidak ada halangan untuk mengikuti lomba ini, beberapa tutorial bisa anda pelajari untuk mulai belajar menggunakan perangkat lunak desain kode sumber terbuka.

Tidak ada komentar: