Jumat, 30 April 2010

Liga Arab Tolak Usulan Perlucutan Senjata Nuklir di Timteng

Negara Arab menolak usulan tersebut lantaran Zionis-Israel tidak menandatangani Traktat Non-Proliferasi Senjata Nuklir (NPT)

Hidayatullah.com--Liga Arab menentang usulan Amerika Serikat dan Rusia mengenai perlucutan senjata nuklir di kawasan Timur Tengah.

Dikutip radio Irib, Wael Al-Asad, Kepala Bidang Perlucutan Senjata di Liga Arab, menegaskan penentangan organisasinya terhadap pandangan yang tercantum dalam dokumen usulan AS dan Rusia soal realisasi kawasan Timur Tengah yang bebas dari senjata pemusnah massal setelah tercapainya perdamaian menyeluruh.

Al-Asad menjelaskan, "Dokumen tersebut diserahkan kepada perwakilan negara-negara Arab di PBB dan akan dibahas dalam sidang negara-negara Arab pada Ahad, 2 Mei mendatang".

Dia menambahkan, "
Kendati demikian, kepala bidang perlucutan senjata Liga Arab ini menilai bahwa terwujudnya kawasan Timur Tengah yang bebas dari senjata pemusnah massal bisa membantu kemajuan proses perdamaian.

Namun ia menegaskan, "Alasan bahwa senjata nuklir Zionis Israel merupakan alat untuk menjamin keamanan tersebut hingga tercapainya perdamaian di Timur Tengah, merupakan hal yang tidak bisa diterima".[irb/hidayatullah.com]

Tidak ada komentar: